Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jurnal Refleksi Minggu ke-16

JURNAL REFLEKSI MODEL ROUND ROBIN


I.   Apa yang paling anda kuasai setelah pembelajaran minggu ini? Mengapa anda merasa hal tersebut dapat membuat anda sangat menguasainya?

Hal yang paling saya kuasai setelah pembelajaran minggu ini adalah tentang apa itu coaching. Melalui eksplorasi konsep dan ruang kolaborasi yang dibantu oleh fasilitator, pemahaman saya selama ini tentang coaching ternyata belum tepat. Selama ini saya memahami bahwa coaching ada sejenis kegiatan seperti workshop, lokakarya, diklat dan lain sebagainya. Di mana coach adalah narasumber sedangkan peserta adalah coachee. Ternyata coaching tidaklah sesederhana pemahaman saya, karena coaching adalah sebuah proses kolaborasi yang berfokus pada solusi, berorientasi pada hasil dan sistematis, memfasilitasi peningkatan atas performa kerja, pengalaman hidup, pembelajaran diri, dan pertumbuhan pribadi dari seorang individu.

II.   Apa yang belum anda kuasai setelah pembelajaran minggu ini? Apa yang akan anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Keterampilan berkomunikasi, terutama pada teknik bertanya efektif. Untuk mengatasi hal tersebut saya akan berusaha untuk memahami : keterampilan membangun dasar proses coaching; keterampilan membangun hubungan baik; serta keterampilan berkomunikasi.

III.   Apa hal yang masih membingungkan anda pada pembelajaran minggu ini? Ceritakan hal-hal apa saja yang membuat hal tersebut membingungkan?

Saya melihat akhir-akhir ini orang-orang termasuk saya sendiri sering menyebut panggilan "COACH" kepada seseorang yang pernah menjadi narasumber pada suatu kegiatan. Bahkan saya sendiri sering dipanggil Coach karena pernah menjadi narasumber. Panggilan "COACH" pada konteks ini ternyata tidak tepat. Jadi seorang narasumber pada suatu kegiatan, lebih pas disebut konselor, mentor, ataukah coach?

Semoga artikel ini bermanfaat

#Guru_Penggerak  #Jurnal_refleksi_mingguan    #Coaching