Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3.1.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 19

 3.1.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 19



Jurnal Refleksi Model 5R (Reporting, responding, Relating, Reasoning, Reconstructing).

Reporting (Mendeskripsikan)
Kegiatan minggu ini dimulai dengan alur Refleksi Terbimbing, dimana CGP melakukan refleksi dan mengadakan metakognisi terhadap proses pengambilan keputusan yang telah dilalui dan menggunakan pemahaman baru untuk memperbaiki proses pengambilan keputusan yang telah dilakukan. Setelah itu melalui kegiatan pada alur Demonstrasi Kontekstual, CGP diharapkan dapat mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan yang telah kami pelajari tentang berbagai paradigma, prinsip, pengambilan dan pengujian keputusan pada konteks di sekolah asal masing-masing dengan mulai merancang tindakan untuk mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang kami dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal. terakhir, melalui alur Elaborasi pemahaman (sesi instruktur), CGP menuliskan pertanyaan-pertanyaan untuk mengelaborasi pemahaman tentang konsep yang belum dipahami, hal-hal yang menarik atau tak terduga, dan pertanyaan-pertanyaan lanjutan melalui tautan di LMS. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dibahas, didiskusikan dan direfleksikan bersama-sama CGP lainnya yang difasilitasi oleh instruktur pada ruang virtual.

Responding (Merespon)
Pada alur Demonstrasi Kontekstual, CGP diminta untuk membuat sebuah jurnal monolog (diskusi dengan diri sendiri). Jurnal ini dapat berupa blog-tulisan naratif maupun sebuah video atau audio yang merekam diri menyampaikan sendiri konten berdurasi 3-5 menit, sesuai pertanyaan panduan yang tersedia. Melalui pertanyaan-pertanyaan pemandu tersebut, CGP diharapkan dapat mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajari tentang keempat paradigma dilema etika, ketiga prinsip dilema etika, dan 9 langkah pengujian keputusan pada konteks di sekolah asal masing-masing. Tahapan Demonstrasi Kontekstual ini merupakan wadah bagi saya untuk menunjukkan pemahaman saya mengenai keseluruhan materi. Kami diberi kesempatan untuk “membumikan” materi di modul ini dengan konteks lokal yang dihadapi.
Karya jurnal monolog dari CGP akan menjadi kerangka atau rancangan untuk melakukan aksi nyata [ada akhir modul 3.1 nantinya.

Relating (Mengaitkan)
Melalui kegiatan pembelajaran minggu ini mengenai 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan, saya memperoleh pembelajaran tentang bagaimana mengidentifikasi dilema etika yang sesuai pada suatu kasus, menetapkan landasan pemikiran kita dalam mengambil keputusan, berdasarkan pada 3 prinsip, dan mengambil keputusan berdasarkan 9 langkah pengujian keputusan pada konteks di sekolah asal masing-masing.

Reasoning (menganalisis)
Untuk dapat menerapkan/praktik pengambilan keputusan berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajarinya tentang keempat paradigma dilema etika, ketiga prinsip dilema etika, dan 9 langkah pengujian keputusan pada konteks di sekolah, saya melakukan analisis apa saja bahan, alat atau pihak yang saya butuhkan dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Dari hasil analisis tersebut, saya menemukan beberapa kasus yang mengandung lebih dari 1 paradigma dilema etika. 

Reconstructing (merancang ulang) 
Jika saya kembali berhadapan dengan suatu kasus yang mengandung lebih dari 1 paradigma dilema etika, maka saya akan menentukan paradigma dilema etika yang paling dominan dari kasus tersebut, sesuai arahan fasilitator dan instruktur. Setiap keputusan yang kita ambil akan ada konsekuensi yang mengikutinya, dan oleh sebab itu setiap keputusan perlu berdasarkan pada rasa tanggung jawab, nilai-nilai kebajikan universal dan berpihak pada murid. Karenanya saya akan menyandingkan 9 langkah pengambilan keputusan ini dengan pendekatan coaching model TIRTA. Keterampilan coaching akan membantu dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk memprediksi hasil, dan melihat berbagai opsi sehingga dapat mengambil keputusan dengan baik.


Semoga bermanfaat 😉😊 

#3.1.a.10.3.Jurnal Refleksi-Minggu 19
#Jurnal-refleksi-model-5r