Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul 1.3.a.10.1 Jurnal Refleksi Minggu 7

Modul 1.3.a.10.1 Jurnal Refleksi Minggu 7


Pada refleksi minggu ke-7 saya memilih model refleksi 4F, yaitu model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut :

Facts (Peristiwa)
Pengalaman > Pada minggu ini melalui kegiatan Demonstarsi Kontekstual, kami ditantang untuk menjalankan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif BAGJA secara nyata. Namun sebelumnya kami diminta membuat rekomendasi perubahan berdasarkan tahapan B-A-G-J-A. Kemudian kami mengupload ke LMS hasil parkarasa perubahan yang kami buat melalui tahapan BAGJA.
Hal Baik > Melalui forum diskusi tentang prakarsa perubahan berdasarkan tahapan BAGJA, kami berlatih untuk saling memberikan masukan secara sistematis dan terstruktur. Hal ini penting dilakukan dalam rangka mengevaluasi proses pembelajaran pribadi berdasarkan pengamatan rekan lain. Masukan yang diberikan dari rekan lain membantu saya untuk mengembangkan diri lebih baik lagi sebagai guru penggerak. Aktivitas ini disebut juga umpan balik.
Hambatan > Diri sendiri, peserta didik, dan seluruh yang ada di sekitar saya adalah aset dan kekuatan bagi saya, namun terkadang saya kesulitan memberdayakan inti positif dan kekuatan dari masing-masing aset tersebut.
Yang saya lakukan dalam mengatasi hambatan > Saya terus berupaya menemukan trik khusus agar dapat lebih optimal memberdayakan semua aset yang ada, seperti memperbanyak studi literatur, belajar dari pengalaman dan peristiwa yang dialami diri sendiri dan orang lain yang berhasil memberdayakan aset, bertanya dengan Fasilitator CGP (pak Slamet) dan instruktur CGP Modul 1.3.a.8.1 (bu Rusiati).

Feelings (Perasaan)
Kegiatan pembelajaran modul 1.3 pada minggu ini dilakukan secara mandiri, didampingi fasilitator, serta sesi instruktur. Pengalaman belajar membuat saya merasa lebih termotivasi untuk segera menerapkan pada aksi nyata prakarsa perubahan yang telah saya rancang berdasarkan kekuatan aset yang saya miliki dalam rangka mencapai visi saya yaitu "Menjadi Agen Transformasi Dalam Ekosistem Pendidikan Berkarakter Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila". Dan saya semakin termotivasi karena prakarsa perubahan yang saya rancang mendapat dukungan dari Kepala Sekolah berupa sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Findings (Pembelajaran)
Pembelajaran minggu ini bertujuan agar CGP mampu mengembangkan visi yang lebih jelas mengenai murid yang memiliki Profil Pelajar Pancasila dan pentingnya memetakan kekuatan yang dimiliki CGP demi mewujudkan visi pendidik yang berpihak pada murid. Selain itu CGP mampu memetakan dan mengimplementasikan strategi pengelolaan perubahan melalui kekuatan yang dimiliki dari dalam diri dan luar diri untuk mewujudkan visi pendidik yang berpihak pada murid.
Dengan demikian saya harus memulai :
  • Memantapkan kembali visi yang saya rumuskan
  • mengidentifikasi kekuatan yang saya miliki dalam mendukung penumbuhan potensi murid.
  • menelaah kembali rencana manajemen perubahan (menggunakan paradigma dan model inkuiri apresiatif) yang telah saya susun.
  • menjalankan rencana manajemen perubahan (menggunakan paradigma dan model inkuiri apresiatif) yang telah saya rancang
Future (Penerapan)
Menanam keyakinan :
  • YAKIN bahwa semua murid dapat mencapai sesuatu/prestasi (jika selaras kodratnya)
  • YAKIN bahwa murid mampu mengambil kendali atas pembelajaran dan pencapaian mereka (efikasi/determinasi diri). 
  • YAKIN bahwa dalam proses belajar hubungan guru-murid adalah kemitraan  
Sehingga melalui prakarsa perubahan, visi saya mengenai murid dan sekolah impian dapat terwujud.

Semoga Bermanfaat😊😍

#GuruPenggerak
#PendidikanGuruPenggerak
#MerdekaBelajar
#GuruBergerakIndonesiaMaju