Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 9

Modul 2.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 9

Pada refleksi minggu ke-9 saya memilih model refleksi 4F, yaitu model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut :

Facts (Peristiwa)
Pengalaman > Pada minggu ini kami memulai pembelajaran pada modu 2.1 tentang Praktek Pembelajaran Yang Berpihak Pada Murid. Melalui kegiatan Mulai dari diri dan Eksplorasi konsep, kami mempelajari modul secara mandiri di LMS dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di LMS Modul 2.1.a.4. Kegiatan pada minggu ini ditutup dengan Kerja Kelompok pada kegiatan Ruang Kolaborasi. Kegiatan diskusi kelompok membahas tentang RPP berdiferensiasi yang didampingi oleh  fasilitator, dimana kami dibagi dalam 4 kelompok sesuai dengan jenjang sekolah dengan tugas masing-masing kelompok adalah membuat RPP berdiferensiasi sesuai mata pelajaran di sekolah.
Hal Baik > Melalui kegiatan Mulai dari diri dan Eksplorasi konsep tentang Praktek Pembelajaran Yang Berpihak Pada Murid, saya mendapat pengetahuan baru tentang kebutuhan belajar murid, strategi pembelajaran berdiferensiasi, serta lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Untuk menerapkan strategi pembelajaran berdifferensiasi, seorang guru harus melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid, yang terdiri dari 3 aspek yaitu : Kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar. Ketiga aspek kebutuhan belajar murid ini, menjadi dasar dalam praktek pembelajaran differensiasi di kelas. 
Hambatan > Gangguan jaringan internet (down) dan gangguan PLN pada minggu ini menjadi hambatan yang sangat meresahkan, karena kegiatan di LMS juga ikut terganggu. Berkali-kali tugas LMS dikirimkan namun selalu gagal terkirim. Hambatan lain adalah sukarnya memanajemen waktu. Pembelajaran di sekolah yang sudah masuk Tatap Muka penuh, membuat waktu lebih banyak tersita di sekolah. Dan saya harus mensiasati waktu agar semua tugas bisa saya akomodir.
Yang saya lakukan dalam mengatasi hambatan > 
  • Saya terus berupaya tak henti-hentinya mengirim tugas di LMS sampai benar-benar terkirim walaupun harus saya lakukan berulang-ulang. Walaupun sudah mulai timbul kebosanan, namun karena masih ada tekad yang kuat dalam hati, maka kebosanan kalah karena tekad. 
  • Sedangkan untuk memahami materi, saya mengantisipasi gangguan jaringan internet dan gangguan PLN dengan cara melakukan download materi,  copy paste materi, dan/atau melakukan tangkapan layar, kemudian saya cetak (print) agar saya lebih mudah  memahaminya.
  • Memanfaatkan waktu luang untuk mengerjakan tugas, dan tidak menunda membuat tugas.

Feelings (Perasaan)
Kegiatan pembelajaran modul 2.1 pada minggu ini membuat saya sadar bahwa strategi pembelajaran yang saya terapkan di kelas selama ini salah. Saya menerap strategi pembelajaran yang sama untuk semua murid tanpa mempedulikan kebutuhan belajarnya. Sementara murid memiliki karakternya sendiri-sendiri dalam memahami materi.

Findings (Pembelajaran)
Melalui eksplorasi konsep Praktek Pembelajaran Yang Berpihak Pada Murid terdapat 6 bagian materi yang harus dipahami, yaitu : (1) Tujuan Pembelajaran berdiferensiasi: (2) Memeytakan kebutuhan belajar murid; (3) Strategi pembelajaran berdiferensiasi; dan (4) Lingkungan kelas yang positif
Dengan demikian saya harus mampu :
  • Mengelola pembelajaran secara efektif sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar murid saya
  • Menentukan apa sebenarnya ekspektasi yang saya inginkan dari
  • Membentuk atmosfir lingkungan kelas yang positif
Future (Penerapan)
Menanam keyakinan :
  • YAKIN bahwa saya mampu mengetahui tentang pembelajaran berdiferensiasi  
  • YAKIN bahwa saya mampu mengetahui lebih lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi
  • YAKIN bahwa saya mampu menunjukkan pemahaman tentang diferensiasi konten, proses, dan produk. 
  • YAKIN bahwa saya mampu melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid
  • YAKIN bahwa saya mampu menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas
  • YAKIN bahwa saya mampu membentuk atmosfir lingkungan kelas yang positif

Semoga Bermanfaat😊😍

#GuruPenggerak
#PendidikanGuruPenggerak
#MerdekaBelajar
#GuruBergerakIndonesiaMaju
#RPP_diferensiasi