Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2.1.a.8.1. Elaborasi Pemahaman - Modul 2.1

 2.1.a.8.1. Elaborasi Pemahaman - Modul 2.1

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut. Pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran, tapi juga fokus pada proses dan konten/materi. 

Namun demikian, pembelajaran berdiferensiasi bukanlah berarti bahwa guru harus mengajar dengan 32 cara yang berbeda untuk mengajar 32 orang murid. Bukan pula berarti bahwa guru harus memperbanyak jumlah soal untuk murid yang lebih cepat bekerja dibandingkan yang lain. Pembelajaran berdiferensiasi juga bukan berarti guru harus mengelompokkan yang pintar dengan yang pintar dan yang kurang dengan yang kurang. Bukan pula memberikan tugas yang berbeda untuk setiap anak. Pembelajaran berdiferensiasi bukanlah sebuah proses pembelajaran yang semrawut (chaotic), yang gurunya kemudian harus membuat beberapa perencanaan pembelajaran sekaligus, di mana guru harus berlari ke sana kemari untuk membantu si A, si B atau si C dalam waktu yang bersamaan. Bukan. Guru tentunya bukanlah malaikat bersayap atau Superman yang bisa ke sana kemari untuk berada di tempat yang berbeda-beda dalam satu waktu dan memecahkan semua permasalahan.

Pembelajaran berdiferensiasi haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut

Karakteristik murid di kelas saya sangat majemuk dan heterogen (berbeda suku, daerah, bahasa). Berikut adalah pertanyaan yang saya siapkan untuk sesi Elaborasi pemahaman bersama Instruktur:

PERTANYAN-PERTANYAAN

  1. Bagaimana strategi yang efektif dalam menerapkan pembelajaran berdifferensiasi pada satu kelompok murid yang tidak komunikatif (sulit diajak komunikasi)?
  2. Di SMK Pertanian, muatan pembelajaran praktek lebih besar daripada pembelajaran teori. Bagaimana strategi yang paling efektif untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, terutama karena perbedaan gender?
  3. Adakah instrumen penilaian khusus untuk pembelajaran berdiferensiasi?

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.

#RPP_Diferensiasi_SMK
#RPP_Diferensiasi
#CGP
#Guru_Penggerak