Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

1.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Visi Guru Penggerak

Durasi: 1 JP
Moda : Asinkron



Pengantar

Selamat Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, kita telah berada di tengah Modul 1.3. Banyak hal telah coba dipelajari melalui 3 pembelajaran sebelumnya. Mari kita membuat refleksi individu 4P atas proses kolaborasi yang telah kelompok Anda lalui di Pembelajaran 3 dalam menyelesaikan tugas pembuatan pemetaan kekuatan dari setiap aset yang dimiliki. Gunakan poin-poin panduan (4P) yang disajikan pada halaman berikutnya untuk menyusun refleksi Anda. Berikut ini terdapat rubrik yang dapat Anda gunakan sebagai rambu-rambu untuk menjawab pertanyaan di atas.
Setelah Anda melakukan refleksi, unggahlah hasil refleksi tersebut ke dalam LMS dan diskusikan bersama rekan CGP lain dan juga fasilitator.

Peristiwa

Peristiwa-peristiwa apa saja yang terjadi dalam diskusi?
CGP di dalam kelompok berdiskusi melakukan pemetaan aset dan kekuatan yang dimiliki untuk mencapai visi, Kemudian dikumpulkan menjadi 1 dokumen file pemetaan aset dan kekuatan. Besoknya masing-masing kelompok melakukan presentasi hasil pemetaan aset dan kekuatan kemudian ditanggapi oleh kelompok lain. Hasil pemetaan dari masing-masing kelompok, disertai dengan tanggapan dan saran dari CGP lain membuat menjadi masukan dan saling melengkapi bagi semua CGP. Semua yang ada di sekitar kita bisa menjadi asset dan kekuatan, yang paling penting bagaimana cara kita memberdayakan dalam rangka mewujudkan visi.

Perasaan

Perasaan apa yang muncul saat proses pembelajaran?
Setelah mempelajari modul secara mandiri, dan melakukan diskusi secara virtual bersama fasilitator dan rekan CGP lainnya, saya merasa cakrawala saya semakin terbuka tentang visi yang saya miliki dan ingin saya capai. Saya ingin menggapai mimpi saya melalui visi yang saya buat, tapi saya tidak bisa bergerak sendiri dalam mencapai misi tersebut, ada factor internal dan eksternal yang harus terlibat dalam pencapaian visi tersebut. Faktor internal dan eksternal itu disebut dengan aset dan kekuatan.

Pembelajaran

Pembelajaran apa saja yang diperoleh melalui peta kekuatan?

PEMBELAJARAN yang didapatkan dari kegiatan minggu ini : (1) semua yang ada di sekitar kita bisa menjadi asset dan sumber kekuatan dalam pencapaian visi; (2) Asset utama adalah diri sendiri; (3) peserta didik adalah actor utama dalam pencapaian visi; (4) Aset dan kekuatan bisa berupa orang, komunitas, benda, dan lingkungan. 

PENGALAMAN yang didapat dari kegiatan minggu ini : (1) Kolaborasi dengan sesama CGP dalam memetakan asset dan kekuatan; (2) Menerima masukan dari CGP lain tentang asset dan kekuatan yang tidak dipetakan oleh diri sendiri; (3) Masukan dari fasilitator tentang asset dan kekuatan yang mungkin bisa diberdayakan; (4) Semangat untuk segera mewujudkan visi dengan cara memberdayakan asset dan kekuatan yang dimiilki; (5) semangat bergerak untuk mewujudkan kelas yang merdeka belajar.

Perubahan

Jika saya ingin membuat perubahan dengan konsep inkuiri apresiatif; 
  • Apa saja yang perlu saya pelajari lebih lanjut? 
  • Apa saja strategi yang dilakukan untuk melaksanakan perubahan

  • Apa saja yang perlu saya pelajari lebih lanjut? (1) Memahami langkah-lang IA yang dikenal dengan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi); (2) Strategi menjalankan BAGJA
  • Apa saja strategi yang dilakukan untuk melaksanakan perubahan? (1) membuat POAC: Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling dari BAGJA; (2) memetakan kembali aset dan kekuatan yang potensial; (3) segera bergerak memberdayakan aset dan kekuatan yang dimiliki ; (4) membuat daftar ceklis dan progress pencapaian.

Semoga bermanfaat!

#GuruPenggerak
#GuruBergerakIndonesiaMaju
#MerdekaBelajar
#PendidikanGuruPenggerak