Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul 1.3.a.7.1. Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif

 Modul 1.3.a.7.1. Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif


Pada bagian ini, Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak akan ditantang untuk menjalankan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif BAGJA secara nyata. Setelah Anda membuat rekomendasi perubahan berdasarkan tahapan B-A-G-J-A, maka proses berikutnya adalah Anda diminta untuk mengunggah Tugas Individu tersebut pada Forum ini.

Visi :

Menjadi Agen Transformasi Dalam Ekosistem pendidikan Yang Berkarakter Dalam mewujudkan Profil pelajar Pancasila

Misi :

  1. Melaksanakan pembelajaran holistic bagi peserta didik
  2. Mengoptimalkan pembelajaran holistic berbasis karakter bagi peserta didik
  3. Memperkuat nilai-nilai guru penggerak dalam diri
  4. Memperkuat peran guru penggerak dalam diri
  5. Mendorong peningkatan kepemimpinan peserta didik di sekolah
  6.  Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru
Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) adalah pendidikan yang mengembangkan semua dimensi manusia, tidak hanya kemampuan akademik, tetapi juga fisik, emosional, spiritual, kreativitas, dan aspek kecerdasan majemuk lainnya secara holistik dan seimbang melalui pengembangan 9 Pilar Karakter

 

PRAKARSA

PERUBAHAN

“Mengoptimalkan Pembelajaran Holistik Berbasis Karakter Bagi Peserta Didik”

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan (Define)

Bagaimana cara mengoptimalkan pembelajaran holistic berbasis karakter bagi peserta didik?

1.       Memberi stimulus kepada peserta didik untuk berani berkomunikasi dan mengemukakan pendapat

2.       Memberi stimulus kepada peserta didik untuk mampu melihat masalah global yang relevan dan penting dari berbagai sudut pandang sehingga dapat mengambil keputusan dengan bijak dan menyelesaikan masalah yang sangat kompleks, dengan cara selalu melibatkan peserta didik dalam pembelajaran berbasis masalah dan/atau berbasis proyek.

3.       Membangun kepercayaan diri dan sikap optimis peserta didik dengan cara selalu memberi dukungan atas sekecil apapun partisipasi mereka.

4.       Memperkuat prinsip moral, kejujuran, kepedulian, dan memiliki rasa kasih sayang dalam diri peserta didik dengan cara bertindak adil dan objektif.

A-mbil pelajaran (Discover)

Hal positif apa yang didapat jika menerapkan pembelajaran holistic berbasis karakter?

Guru terus bergerak :

1.      Menstimulasi peserta didik mampu mengekspresikan pikiran dan perasaan dengan efektif, baik secara verbal maupun tertulis.

2.      Mendorong peserta didik mampu mengumpulkan, menganalisis dan mengevaluasi secara kritis berbagai informasi yang diperoleh.

3.      Menstimulasi peserta didik memiliki ketertarikan yang besar terhadap masalah-masalah global yang relevan dan penting, sehingga mendorong untuk terus membaca serta mengeksplorasi bidang-bidang yang diminati.

4.      Mendorong peserta didik selalu optimis dan percaya diri serta menghadapi berbagai tantangan baru.

5.      Mendorong peserta didik memiliki kepekaan terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain serta lingkungannya (sosial, ekonomi, dan alam).

G-ali mimpi (Dream)

Dengan menerapkan pembelajaran holistic berbasis karakter, perubahan seperti apa yang dibayangkan dalam diri peserta didik?

Melalui pendidikan holistik, peserta didik diharapkan dapat menjadi dirinya sendiri (learning to be). Dalam arti dapat memperoleh kebebasan psikologis, mengambil keputusan yang baik, belajar melalui cara yang sesuai dengan dirinya, memperoleh kecakapan sosial, serta dapat mengembangkan karakter dan emosionalnya (Basil Bernstein). Dadang Hawari (2001)

J-abarkan rencana (Design)

Rencana apa yang akan dilakukan untuk mewujudkan optimalisasi pembelajaran holistic berbasis karakter?

1.       Menyusun rencana pembelajaran berbasis masalah dan/atau proyek.

2.       Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan cara mengedepankan minat belajar peserta didik dan penyederhanaan kurikulum/KIKD (pembelajaran humanistik / memanusiakan manusia)

3.       teknik yang digunaan dalam pendekat holistic adalah Mengajukan pertanyaan, Memvisualkan informasi dan Merasakan informasi

4.       Membentuk team teaching dalam kegiatan pembelajaran, sehingga terjadi sinergi positif antara peserta didik dengan guru-guru yang terlibat dalam team teaching.

5.       Memanfaatkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik.

A-tur eksekusi (Deliver)

Siapa saja yang terlibat dalam mewujudkan optimalisasi pembelajaran holistic berbasis karakter?

Strategi apa yang digunakan?

1.       Yang terlibat :

Melibatkan semua unsur di dalam dan di luar satuan pendidikan, terutama kepala sekolah (sebagai pendukung kegiatan), peserta didik, teman sejawat, Tenaga administrasi Sekolah, komite sekolah (orang tua peserta didik), dan mitra sekolah.

2.       Strategi :

·        Menyusun KIKD yang sesuai dengan minat belajar peserta didik

·         Mendorong peserta didik untuk mengembangkan semua potensi yang dimilikinya

·         Menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang menyenangkan.