Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul 1.3.a.10.2. Jurnal refleksi Minggu ke-6

Jurnal Refleksi Minggu ke 6
Modul 1.3.a.10.2



1.      PERASAAN
Minggu ini kami mempelajari tentang Pemetaan Aset dan Kekuatan yang dimiliki Guru Penggerak dalam pencapaian visi.   Setelah mempelajari modul secara mandiri, dan melakukan diskusi secara virtual bersama fasilitator dan rekan CGP lainnya, saya merasa cakrawala saya semakin terbuka  tentang visi yang saya miliki dan ingin saya capai. Saya ingin menggapai mimpi saya melalui visi yang saya buat, tapi saya tidak bisa bergerak sendiri dalam mencapai  misi tersebut, ada factor internal dan eksternal yang harus terlibat dalam pencapaian visi tersebut.
 
2.      IDE ATAU GAGASAN
Untuk mencapai visi, perlu melakukan pemetaan kekuatan diri sendiri terlebih dahulu, setelah itu melakukan pemetaan kekuatan asset lainnya, seperti factor (asset) internal sekolah dan eksternal sekolah. Setelah dilakukan pemetaan aset, selanjutnya melakukan optimalisasi pemanfaatan dan pemberdayaan semua aset.
 
3.      PEMBELAJARAN DAN PENGALAMAN
PEMBELAJARAN  yang didapatkan dari kegiatan minggu ini : (1) semua yang ada di sekitar kita bisa menjadi asset dan sumber kekuatan dalam pencapaian visi; (2) Asset utama adalah diri sendiri; (3) peserta didik adalah actor utama dalam pencapaian visi; (4) Aset dan kekuatan bisa berupa orang, komunitas, benda, dan lingkungan.
PENGALAMAN yang didapat dari kegiatan minggu ini : (1) Kolaborasi dengan sesama CGP dalam memetakan asset dan kekuatan; (2) Menerima masukan dari CGP lain tentang asset dan kekuatan yang tidak dipetakan oleh diri sendiri; (3) Masukan dari fasilitator tentang asset dan kekuatan yang mungkin bisa diberdayakan; (4) Semangat untuk segera mewujudkan visi dengan cara memberdayakan asset dan kekuatan yang dimiilki; (5) semangat bergerak untuk mewujudkan kelas yang merdeka belajar 


Semoga bermanfaat
#GuruPenggerak  #MerdekaBelajar  #GuruBergerakIndonesiaMaju