Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul 1.2.a.6. Refleksi Terbimbing – Nilai dan Peran Guru Penggerak

Menurut Rokeach (dalam Hari, Abdul H. 2015), Nilai merupakan keyakinan sebagai standar yang mengarahkan perbuatan dan standar pengambilan keputusan terhadap objek atau situasi yang sifatnya sangat spesifik. Kehadiran nilai dalam diri seseorang dapat berfungsi sebagai standar bagi seseorang dalam mengambil posisi khusus dalam suatu masalah, sebagai bahan evaluasi dalam membuat keputusan, bahkan hingga berfungsi sebagai motivasi dalam mengarahkan tingkah laku individu dalam kehidupan sehari-hari. Melihat peranan nilai sangat penting dalam kehidupan tingkah laku sehari-hari, maka rasanya penting bagi seorang Guru Penggerak untuk bisa memahami dan menjiwai nilai-nilai dari seorang Guru Penggerak. Kelima nilai dari Guru Penggerak adalah: Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid.

Apa saja nilai diri saya? >>  Kreatif, Mandiri, kolaboratif, dan inovatif

Apa yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak?  >>  Nilai yang saya miliki ternyata belum cukup untuk menjadikan saya sebagai seorang Guru Penggerak. Masih ada nilai Guru Penggerak yang harus saya pelajari dan saya miliki.

Apa saja nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang? >>   Mandiri, kolaboratif, dan inovatif

Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan? jelaskan! >>>   Saya masih perlu memperkuatkan nilai-nilai berikut dalam diri saya sebagai seorang  pendidik terutama sebagai Guru Penggerak, yaitu Berpihak pada murid, dan  Reflektif. Berpihak pada murid :  Sebagai pendidik saya belum totalitas berpihak pada murid. Saya kadang-kadang masih mengutamakan ego saya, yang menginginkan anak seperti yang saya mau dan sesuai standar saya, sedangkan murid memiliki hak untuk menemukan kemerdekaan dan kebahagiaannya dalam belajar. Reflektif : Saya seringkali melakukan refleksi terhadap apa yang sudah saya lakukan baik itu dalam pembelajaran ataupun dalam kehidupan. Tapi sayang sekali saya  sering tidak konsisten dan komitmen dengan rencana tindak lanjut dari hasil refleksi  saya.

Apa yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak? >>  Saya merasa harus terus belajar dan berkomitmen agar bisa menjalankan peran sebagai guru penggerak dengan baik.

Apa yang bisa saya lakukan (khusus untuk diri saya) untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak? >> (a) Memperkuat nilai-nilai Guru Penggerak dalam diri sendiri agar menjadi suatu kebiasaan yang baik dan membudaya; (b) Belajar sepanjang hayat atau menjadi seorang long life learner dan terus berkarya; (c) Berbagi praktik baik; (d) Berkumpul dengan komunitas guru

Apa yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya? >>  (a)  Kesulitan mengatur dan membagi waktu; (b)  Kesulitan dalam melawan rasa malas; (c) Perasaan Tidak Percaya Diri berada di depan umum, baik dari segi kemampuan maupun penampilan

 

#Merdeka_Belajar  #Guru_Penggerak    #Kemdikbud_RI