Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul 1.2.a.7. Demonstrasi Kontektual-Nilai dan peran Guru Penggerak

Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid. 

Guru Penggerak diharapkan menjadi katalis perubahan pendidikan di daerahnya dengan cara : (a) Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya; (b) Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah; (c) Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah; (d) Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran; dan (e) Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah.

Guru penggerak harus memiliki 5 nilai-nilai dasar yaitu : Mandiri. Reflektif, Inovatif, Kolaboratif, dan berpihak pada murid. Guru Penggerak juga harus berperan dalam : (a) menjadi pemimpin dalam pembelajaran; (b) menggerakkan komunitas praktisi; (c) menjadi coach bagi guru lain; (d) mendorong kolaborasi antar guru; dan (e)mewujudkan kepemimpinan murid.











Atau dapat ditonton pada video berikut ini : 


Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.
Semangat berbagi

#Guru_Penggerak  #Merdeka_Belajar  #Kemdikbud